Jika kalian memiliki hape dengan kamera berkekuatan 12 MP itu terbukti dapat di gunakan buat vlogging di platform platform seperti website, youtube dan tiktok. Dan platform paling populer buat vlog adalah Youtube. Namun saking populernya sampai membuat persaingannya yang ketat membuat pemula seperti terasa tercekat.

Baiklah apa perangkat atau piranti yang kalian butuhkan? Tidak seperti kebanyakan tutorial yang mengharuskan kalian memiliki kamera DLR dengan mencantumkan kamera rekomendasi yang mahal, kami ingin seperti blogging yang bisa dilakukan mobile menggunakan hape, maka kami ingin memberikan tutorial cara blogging menggunakan hape.

Mengapa harus mobile, begini alasannya:
  1. Semua orang memiliki hape dan hape itu adalah perangkat genggam mobile yang oleh bermilyar pengguna hanya di gunakan buat nelpon, chatting, nonton dan main game. Namun sesungguhnya hape bisa jauh lebih bermanfaat, bisa buat bisnis online, bisa buat blogging, bisa buat vlogging. Tonton video pocong, video kucing, video di tiktok yang sangat populer kebanyakan menggunakan perangkat genggam dan mobile yang kita kenal sebagai hape.
  2. Hape memiliki banyak pilihan harga mulai yang paling murah hingga yang paling mahal, tinggal di sesuaikan dengan kemampuan.
  3. untuk jenis jenis video outdoor hape mampu menangkap gambar dan suara inilah modal utama untuk vlogging. Kalian tidak mungkin menggunakan laptop yang gede itu bukan.
  4. Hape baik Android maupun iOS) memiliki banyak aplikasi pengedit video, dan dapat tersambung ke internet untuk mengunggah video ke platform Youtube dan menerbitkannya agar kelak kalian terkenal.
Dan masih ada satu ton alasan lagi. Pada masa ini blogging saja di rasa tidak akan mencukupi terbukti sebanyak lebih 45% orang mulai pindah menonton video di samping membaca tulisan di halaman website, dan tidak alam lagi blogging tidak lebih akan terasa sebagai 'old job' atau jenis 'pekerjaan dan kegiatan jadul', dimana ramalan ini telah sering di kumandangkan oleh para ahli website. Konten video akan mendominasi dunia.

1. Membuat akun youtube

Buat akun Youtube dengan menggunakan akun email gmail yang kalian miliki. Ini mudah setiap memiliki hape Android tentu kalian juga memiliki email Gmail. Cari tahu bagaimana membuat akun youtube melalui pencarian google.

2. Merekam video

Cara vlogging personal memang menarik terutama bagi mereka yang berjiwa introvert, alias penyendiri. Dengan menggunakan hape kalian akan butuh dudukan hape misalnya ketika ingin membuat video podcast, atau video narasi dan juga seperti tutorial.

Dudukan hape sendiri bisa dibuat dari berbagai bahan, jika kalian tertarik dengan kerajinan tangah DIY, kalian dapat menggunakan bahan bahan seprti plastik bekas botol, kotak karton tebal hingga kayu. Namun jika kalian ingin membeli, kebanyakan harga dudukan hape juga tidaklah terlalu mahal, di toko online kalian bisa melihat harga harganya sebagai referensi.

harga stand hape di toko online

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah pelajari fitur dan kemudahan kamera hape, pelajari cara menggunakannya dan pelajari juga cara mengambil video dan gambar yang baik. Atau lakukan saja percobaan sambil membaca atau menonton tips dan triks kamera hape.

Satu hape saja sebenarnya sudah dapat di manfaatkan untuk membuat konten video. Pengalaman kami adalah meletakan dan mengatur hape dengan kamera menghadap ke arah kita yang duduk di atas meja, bisa meja belajar, meja ruang tamu atau meja makan. lalu buat konten narasi. 

Namun beda jika kalian ingin membuat konten ringan seperti video kelucuan kucing di luar rumah, stand tidak akan di butuhkan. 

merekam video melalui hape sangatlah mudah. Tinggal pilih tombol kamera dan pilih video. Yang kalian butuhkan adalah fokus. Sebaiknya tahu cara mengambil sudut yang bagus untuk gambar video, misalnya ketika merekam diri sendiri pada saat berbicara hindarkan merekam hal hal lain seperti rokok, sampah dan hal hal tidak patut lainnya, kita ingin membuat video berkualitas meskipun dengan perangkat seadanya.

3. Merekam Suara.

Suara adalah vital bagi sebuah konten video terutama yang buat podcast, tutorial dan video narasi.

Jika video mengandung suara maka kejernihan suara harus dieprhatikan juga. Untuk video narasi bagusnya menggunakan microfon. Ada beberapa jenis microfon murah yang dapat disambungkan keperangkat hape melalui colokan USB sebagai koneksinya. Kami pernah memiliki EZRA condenser mic seharga 100ribuan. Cara menggunakannya kalian harus membeli colokan spliter yang harganya berkisar 15 hingga 25 ribuan dan banyak terdapat di toko online.

Microfon ini sangat membantu kejernihan suara. Jika kalian sudah memiliki headset dengan tombol suara kalian juga dapat memanfaatkan headset alih alih harus membeli microfon lagi. Harga headset ini juga tidaklah mahal, sebagai referensi kami tampilkan harganya melalui gambar berikut:

daftar harga headset perekam suara murah

Dengan menggunakan headset di atas kalian dapat manfaat sebagai berikut:
  • Terbebas dari perangkat mahal dan pengaturan suara yang rumit seperti pengaturan microfon gede dan pembagian suara dengan soundcard
  • Suara jadi lebih jernih, mudah di tangkap dan dimengerti oleh pemirsa.
  • Nilai, kualitas dan performa video jadi meningkat drastis di mata google
Namun jika kalian sudah mampu meningkatkan kualitas perangkat ya tidak apa apa beli perangkat yang lebih baik untuk kenyamanan membuat video. 

4. Mengedit video dan suara 

Setelah video di rekam mungkin kalian harus mengeditnya sebelum kalian menguploadnya menjadi konten video ke halaman Youtube. Editor video yang baik seperti Kinemaster dapat kalian pergunakan. pelajari tool dan fitur fiturnya terlebih dahulu. Banyak terdapat tutorial cara mengedit video yang dapat kalian cari di pencarian Google.

Kesimpulan:

Jika kita mengikuti tutorial dan pelatihan konten video di youtube, kita akan di sodori berbagai opsi perangkat yang relatif mahal seperti kamera yang harganya jutaan rupiah, tidak cukup sampai disitu kalian juga akan di sodori tawaran microfon yang harganya juga jutaan rupiah. 

Padahal hape kita telah memiliki kamera yang memadai buat merekam video. 

Tinggal kita mempelajari dan memaksimalkan fitur fitur kamera yang terdapat pada hape kita dan juga melengkapinya dengan perekam suara yang sederhana dan murah namun cukup mumpuni.

Ingat belum tentu mewah akan menghasilkan kesuksesan yang 'wah' justeru jangan di remehkan kekuatan hal hal yang bersifat 'sederhana'.

Selamat mencoba, jika berkenan kalian bisa subsribe, share, dan like saluran youtube editblogtema. Atau jika tidak suka silahkan dislike. Jangan lupa kunjungannya kami tunggu ya...


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: