Ini dia hasil uji coba empat microfon streaming buat hape dan Tablet Android

Empat microfon ini di gunakan buat hape dan Tablet android. di tes melalui hape samsung. Artinya jika kita hanya menggunakan kamera hape buat vlog atau membuat konten video yang akan kita publikasikan ke Youtube baik indoor maupun outdoor (di dalam ruangan atau di luar ruangan) ke empat microfon ini bisa saya rekomendasikan, namun sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan masing masing.

1. Ezra MP01

Di patok seharga 80-100ribuan di tokopedia dan shopee, mikrofon murah ini memiliki koneksi colokan berbentuk Jack dan untuk menghubungkannya ke hape atau tablet kita membutuhkan sambungan spliter yang dapat di beli di toko toko asesories dengan harga berkisar 10-25 ribuan.

gambar spliter audio

Zaman sekarang hape memang sedang mengikuti peraturan standar koneksi kabel USB type C, beruntungnya banyak sekali asesories tambahan seperti kabel USB OTG yang dapat kita beli agar Ezra dapat terhubung ke hape Android terbaru kalian. Kalian harus membeli. Dan harus di ingat microfon ini susunan konektor jacknya masih bersusun tiga. Jadi kalian harus membeli spliter dengan lubang colokan bertingkat empat

contoh model colokan jack
kredit gambar: teknikeletronika.com

Ingat jika kalian salah membeli spliter yang lubangnya diperuntukkan Jack bersusun tiga, maka suara microfon ezra MP01 tidak akan keluar di hape kalian. Yang uniknya untuk hape hape samsung terbaru perkaman suara bisa langsung ke video bawaan si hape.

karakter microfon ezra adalah cardioid artinya yang ada tulisannya harus menghadap ke mulut saat berbicara. Sedangkan sebelah kanan, kiri dan belakangnya dibuat untuk tidak dapat menangkap suara dengan maksimal.

2. Clip On mic murah 

Tidak ada merek. Saya membelinya seharga 25ribuan dan dapat di colokan langsung ke hape ke media perekam atau video open kamera. Aplikasi open kamera sendiri dapat kalian download di PlayStore Android.

Clip On murah

Salah satu versi terbaik microfon Clip On adalah Boya M1 yang harganya sekarang sudah murah yakni seratus limapuluh ribuan. Karena ia Clip On ia memiliki karakter yang berpola pattern omnidirectional artinya ia dapat mengangkap suara dari segala arah dengan sama baiknya. Clip On ini cocok di pergunakan di dalam dan di luar ruangan.

3. Boya M1

Salah satu versi terbaik microfon Clip On adalah Boya M1 yang harganya sekarang sudah murah yakni seratus limapuluh ribuan. Karena ia Clip On ia memiliki karakter yang berpola pattern omnidirectional artinya ia dapat mengangkap suara dari segala arah dengan sama baiknya. Clip On ini cocok di pergunakan di dalam dan di luar ruangan.

Boya M1 juga dapat di colokan langsung ke hape. Harganya sekarang berkisar 150ribuan di toko toko Online. 

4. Samson Meteor

Kita juga punya versi yang agak mahal: Samson meteor. Harganya masih sedikit di atas 1 jutaan. Brand samson sendiri adalah Brand ternama sedangkan microfon Samson meteor sendiri telah di produksi semenjak 11 tahun yang silam. Bentuknya yang klasik retro dan fisiknya yang terbuat dari metal logam murni membuat ia terasa solid meskipun dimensi ukurannya tidak besar.

samson meteor

Saya sendiri memiliki beberapa koleksi microfon kondenser dari yang lebih murah hingga yang lebih mahal dari samson ini. Namun bagi saya karena samson itu ready to use ke hape dengan kabel USB dan juga kualitas suaranya terbilang sangat bagus, sampai hari ini ia tetaplah pendamping setia saya dalam melakukan kegiatan vlogging.

Kesimpulan:

Oleh karena hari ini hape hape mulai menerapkan kabel koneksi USB type C, maka kemungkinan kalian harus membeli USB OTG untuk menyesuaikan colokan koneksi output ke perangkat hape atau tablet kalia.

USB type C sendiri adalah standar dari Uni Eropa yang wajib di terapkan pada setiap perangkat genggam, tablet dan laptop masa kini. Jika standar ini di terapkan maka kabel akan menjadi semakin murah termasuk kabel kabel buatan Apple yang terpaksa menghentikan standar kabel lightening mereka yang mahal.

Silahkan tonton hasil uji cobanya di video di atas.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak