Tidak kuliah? Pertanyaan besar untuk masa depan generasi Z

pilihan setelah kuliah? Mengisi lowongan pekerjaan! Atau lebih tepatnya mencari pekerjaan.

Banyak alasan yang terkadang tidak terduga ketika seseorang kemudian memutuskan untuk tidak kuliah: Beaya atau kondisi keuangan yang buruk, pilihan pribadi, hingga kesehatan.

Pada podcast kali ini kita menggali motivasi dari narasumber nyata yang memutuskan untuk tidak kuliah dengan alasan kesehatan. Dan alasan yang lebih besar dimasa depan demi memiliki konstribusi terhadap kesejahteraan orang lain.

Adalah sebuah ironi ketika sesorang telah menyelesaikan pendidikan atau kuliahnya justeru hanya untuk mengisi lowongan pekerjaan: Guru, militer, perusahaan swasta dll. Dan ironinya itu adalah banyak sekali lapangan pekerjaan di sektor swasta justeru telah di ciptakan oleh mereka mereka yang drop out dari bangku kuliah sebelumnya dan merekrut para sarjana untuk usaha yang telah mereka dirikan.

Steve Job, Bill Gates adalah contoh nyata yang sangat besar. Mereka membangun perusahaan dan menyerap tenaga tenaga ahli ke dalam perusahaan mereka.

Pada podcast Dedi corbuzier yang sangat viral juga telah di singgung betapa bangku pendidikan tinggi juga pada akhirnya hanya membuat orang menjadi robot. Dan pertanyaannya selalu, setelah kuliah lantas apa? Ya cari kerja dong. Tidak dapat dipungkiri itu adalah prioritas utama untuk mengembalikan beaya yang telah hilang. Saya pernah mendengar percakapan seorang pegawai lulusan universitas ternama yang bekerja di perushaan swasta berkata pada majikannya:

"Mengapa gaji saya lebih kecil daripada gaji dia? Saya lulusan universitas ternama, dan telah menghabiskan beaya besar selama masa pendidikan itu...bla bla..bla"

Lalu dijawab majikannya: 

"Anda memang telah berkorban beaya yang sangat besar, tapi Anda tidak pernah tahu apa yang telah dia korbankan demi mencapai semua ini, Anda duduk menikmati masa muda Anda di bangku kuliah, dia terus bekerja keras demi membantu perusahaan ini. Dan Anda masih ingin tahu lebih jauh? Saya membangun perusahaan ini walaupun saya tidak pernah duduk di bangku kuliah, tetapi saya tahu bagaimana caranya menghargai jerih payah dan pengorbanan orang lain menurut proporsinya, Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan setelah Anda membuktikan bahwa masa pendidikan Anda berguna bagi perusahaan saya"

Ya ya...Pendidikan walau bagaimanapun sangatlah penting, namun jika kita pada akhirnya tidak beruntung melewatinya janganlah berkecil hati..

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain