Membandingkan pengalaman menggunakan TabS7 dengan Matepad11

AvatarPosted By:
Kedua tablet ini berbeda di segala sisi, bebeda ukuran, berbeda tampilan, berbeda harga, berbeda sistem operasi berbeda UI dan UX, berbeda spsesifikasi. Karena saya menggunakan keduanya maka saya akan membagikan pengalaman bagaimana perbedaan perbedaan itu mempengaruhi saya untuk memilih dan menganak emaskan salah satunya.

Terlepas dari selera, prestise dan gengsi ketika memiliki salah satu diantara keduanya, kedua tablet ini masih bisa di adu head to head apple to apple asalkan dari sudut kenyamana pengguna pada saat menggunakannya.

Dan saya akui karena ini adalah pengalaman saya selama 5 bulan memiliki samsung tab s7 plus dan setelah hampir 4 bulan kemudian membeli matepad 11 tentunya masih tidak bisa terlepas dari kesa subjektif. Eh itukan ente bukan saya kata teman teman, makanya simak saja.

Untuk ukuran samsung TabS7 plus memiliki dimensi bentang layar 12.4 inchi display dengan teknologi super amoled refresh 120 Hz dengan ratio 16:10, 512GB RAM 8GB dengan kartu simcard, jaringan network 4G,LTE dan 5G battery 10090mAH. Sistem Operasi Android 11.

Dapur pacu : Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G+ (7 nm+)
GPU 1 : Octa-core (1x3.09 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585
GPU 2 : Andreno 650

Pengaturan suara: AKG

Sedangkan huawei matepad 11 memiliki dimensi bentang layar 10,96 inchi display IPS LCD refresh rate 120 Hz dengan rasio: 16:10,  256GB RAM 6GB hanya wifi tanpa simcard, tanpa jaringan seluler, battery 7250mAH. Sistem operasi HarmonyOS.

Dapur pacu : Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G+ (7 nm+)
GPU 1 : Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585)
GPU 2 : Andreno 650

Pengaturan suara: Harman Kardon

samsung tabs7plus vs huawei matepad11

Lalu bagaimana pengalaman pada saat menggunakannya? Pertama untuk keyboard samsung tab s7 dan Huawei matepad11 memiliki perbedaan yang satu (samsung tabs7plus) memiliki touch pad sedangkan matepad11 tidak memilikinya. Keyboard samsung tabs7plus terhubung menggunakan pin sedangkan matepad11 harus menghidupkan bluetooth terlebih dahulu.

Poin yang paling penting adalah, diantara kedua tablet setelah keduanya ada pada tangan saya yang mana paling praktis, paling enak dipakai? Saya memilih maetpad 11, dengan pertimbangan: 
  • Lebih mobile dan lebih kompak lebih nyaman di bawa kemana mana
  • Battery lebih tahan lama meskipun samsung tabs7plus memiliki ukuran battery 10090mAH dan matepad11 hanya 7250mAH akan tetapi soal ketahan battery matepad11 dapat bertahan seharian lebih sedangkan samsung tabs7plus hanya mampu bertahan lebih kurang 8 jam, mungkin beberapa faktor penyebabnya: Pertama layar samsung yang super amoled memakan daya lebih besar sedangkan matepad11 menggunakan layar IPS LCD, atau sistem Android lebih boros daya jika dibanding dengan HarmonyOS yang yang memiliki sistem managemen daya yang jauh lebih bagus. Sementara spesifikasi mesin keduanya sama saja.
  • Sistem operasi HarmonyOS berikut User Interfacenya lebih laptop ketimbang Android pada sasung tab S7plus yang maksain ukuran aplikasi mobile ke ukuran dekstop atau laptop, padahal samsung tab s7 plus ini sudah menggunakan DEX agar pengalaman menggunakan dekstop bisa terpenuhi pada tablet mereka. Namun masih saja terasa kedodoran, baik pada tampilan apliakasi maupun pada sentuhan multitasking layarnya. Sebaliknya harmonyOS persis seperti iPadOS yang di maksimalkan buat sistem operasi sebuah tablet. Bicara tentang iPad, tadnya mereka juga menggunakan sistem operasi mobile iOS yang biasanya di gunakan buat iPhone, namun apple segera menyadari bahwa mereka harus membuat sistem oeprasi yang cocok berjalan pada layar sebesar tablet atau iPad mereka, maka generasi terbaru iPad berhenti menggunakan iOS dan kini semua lini iPad telah menggunakan iPadOS.
  • Keyboard matepad11 juga enak dipergunakan buat mengetik.
Kembali je Harmony yang berjalan pada perangkat tablet matepad11, ia lebih kurang dapat menjalankan hampir semua aplikasi android meskipun dalam bentuk APK, namun jangan salah setiap aplikasi yang kita pasang berjalan stabil contohnya Facebook, twitter, dan IG berikut.

Jadi menurut saya matepad11 jelas worthed banget buat di jadikan pilihan meskipun samsung tab s7plus juga sangat worthed. Buktinya setelah beberapa bulan saya cenderung lebih nyaman menggunakan matepad11 ketimbang samsung tabs7 plus yang notabene masih terasa seperti sebuah hape yang ukurannya di besarkan saja. Saya merasa membuat sebuah tablet dengan sistem android yang sekarang terlalu memaksakan diri bagi vendor vendor gadget mobile. 

Seharusnya mereka mencongoh Apple yang memisahkan sistem operasi iPhone dengan lini iPad maka sebaiknya Android juga memisahkan sistem operasi smartphone dengan tablet mereka. Apa salahnya membuat sistem oeprasi Android baru versi tablet, bukan?

Sebaliknya sistem operasi HarmonyOS tampak diciptakan lebih responsif dan lebih adaptif terhadap segala ukuran layar....

Kesimpulan:

Android tidak di desain untuk tablet, sehingga antar muka tablet kedodoran sekali buat aplikasi aplikasi yang biasanya dipergunakan di smartphone android. Beda dengan iPad tabletnya Apple yang dulunya menggunakan sistem operasi iOS bersama iPhone, Apple akhirnya menyadari keanehan itu: iOS tidak bisa membuat iPad menjadi iPad, ia hanya membuat iPad menjadi iPhone ukuran bongsor dan tampak bodoh, Apple akhirnya membuat sistem operasi baru untuk iPad: iPadOS barulah iPad dapat bekerja dengan unik seperti sebuah jembatan yang lurus menjembatani sistem environment Apple: ia bisa bekerja pada iOS sekaligus bisa berfungsi sebagai macbook atau laptop!

Kini muncul HarmonyOS yang mirip sekali dengan iPadOS sekaligus mirip iOS, ia unik, responsif, adaptive dan mampu bekerja pada hape hape sekaligus tablet huawei tanpa canggung.

Dan Android? Saya menyesal membeli tablet Android karen ternyata ia tidak lebih dari sebuah hape yang sangat bongsor (bayangkan nanti samsung merilis tab s8 ultra 14 inchi) itu berita buruk bagi mereka yang menyadari kelemahan sistem Android yang hanya bisa maksimal pada layar smartphone. Google harus membuat sistem baru berbasis sama dengan Android khsusus untuk lini tablet tablet raksasa Android, sehingga ia dapat dimaksimalkan buat berproduktifitas..


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Belum ada Komentar untuk "Membandingkan pengalaman menggunakan TabS7 dengan Matepad11"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel