Perang chipset modern, siapa yang bakal mendominasi dunia?

AvatarPosted By:
perang chipset PC siapa bakal mendominasi?

Mengapa terancam? Berikut kisahnya:

1. Apple Sukses membuat prosesor M1

M1 kemudian menggantikan prosesor intel pada Macbook buatan Apple, karuan ini sangat menguntungkan bagi Apple sebagai produsen laptop macbook dan dekstop iMac. M1 juga sukses di pasangkan ke iPad pro generasi terbaru yang membuat iPad berjalan lebih kencang dan mampu mengungguli sebuah laptop windows dengan prosesor iCore 7 dan bahkan iCore 9. Dan ini sangat merugikan Intel. 

Tentu saja. Bayangkan sebuah iPad yang lebih kencang dan lebih tinggi performanya daripada laptop 25 jutaan berbasis prosesor intel? Bagaimana dunia melihat ini? 

Keunggulan M1 berbasis ARM bukan hanya pada performa kencangnya mesin, namun juga melipat gandakan daya tahan battery hingga melebihi 100% daripada sebelumnya ketika sebuah macbook masih menggunakan prosesor intel, artinya chipset baru ini sangat hemat daya dan juga membuat perangkat selalu dingin sehingga Apple dapat memangkas ketebalan dimensi produk macbook dan iPad mereka.

2. Qualcomm snapdragon berencana membuat chipset PC berbasis ARM

Mungkin terinsipirasi oleh Apple yang sukses membuat chipset sendiri  yang mereka beri nama M1 berbasis Arm dan telah mempacundangi Intel yang selama ini malang melintang di dunia chipset, maka pabrikan chipset mobile Qualcomm telah menunujukan keseriusannya dalam menggarap model chipset yang dapat memotori perangkat PC mereka bahkan telah mengumumkan rencana untuk system on a chip SoC berbasis Arm generasi selanjutnya yang jauh lebih maju.

Ya sama seperti M1 yang juga berbasis ARM, chipset ini nantinya akan memiliki performa tinggi, hemat daya dan anti panas. Ini menandakan generasi baru berPC ria dimana saja tanpa harus takut 'lelet' dan kehabisan battery dan takut over heating pada saat bekerja dimanapun.

Dan tidak hanya pada sektor prosesor pada bagian CPU, mereka juga berjanji akan meningkatkan bagian GPU andrenonya sehingga menjadi standar gaming yang sangat tinggi untuk tablet dan PC.

3. Google akan membuat prosesor mereka sendiri

Ujung ujungnya membuat banyak perusahaan berbasis teknologi meniru langkah Appel dan qualcomm ini, misalnya Google.

Google pernah membuat chipset CPU buatan mereka sendiri yang mereka beri nama Tensor. Mereka memperuntukannya buat ponsel Pixel 6 dan Pixel 6 pro mereka. Akan tetapi nama mereka tenggelam oleh kesuksesan Apple membuat chipset M1 yang ternyata dapat dengan sangat mulus berjalan pada macbook dan lini ipad mereka.

Semakin kesininya chip ARM semakin banyak di gunakan sebut saja Mediatek dan Kirin yang juga dibuat berbasis arsitektur ARM.

Google memiliki ambisi membuat chip sendiri untuk laptop chromebook dan hal ini bukan main main benar benar mengancam pangsa pasar chipset intel yang beru baru ini mengalami masalah karena dianggap memanipulasi hak monopoli. Disamping itu ia mulai keteteran bersaing dengan AMD sebagai kompetitor mereka selama ini.

4. Memperkecil perbedaan 

Kalau bicara chipset intel, AMD, dan ARM mereka memiliki perbedaan yang substansial, pada intel dan AMD mereka dibuat berbasis arsitektur x86, mereka selama ini mampu dengan leluasa menjalankan office seperti word, excel, presentation dll. Sebelumnya tidak berjalan pada perangkat mobile seperti hape yang berbasis prosesor ARM.

Namun pada perkembangannya arsitekur ARM mulai mendekati arsitektur x86, akan tetapi perkembangan tersebut harus disertai dengan kompatibilitas aplikasi yang dijalankan pada kedua mesin yang berbeda, contohnya aplikasi office, adobe premiere, autocad yang hanya bisa berjalan pada arsitektur x86, siapa yang paling kebingungan? Siapa yang paling menderita? 

Ya programmer! Bagaimana membuat sebuah program yang bisa berjalan pada dua karakter mesin (baca prosesor) yang berbeda?

Akhirnya begini pendekatannya (jalan tengahnya) dan seketika hal tersebut perlahan mulai terpecahkan, programmer berkata kepada para pembuat mesin tersebut: Serahkan hal ini kepada kami! Dan benar saja beberapa aplikasi mulai berjalan lintas antar prosesor. ketika hal ini terjadi korban yang paling menderita jadi terbalik, yakni pembuat chipset atau microprosesor itu. Misalnya intel dan AMD mulai putar otak mempersempit perbedaan dan hukum mekanik bekerja sama dan mulai memperkecil perbedaan. 

Banyak aplikasi pada akhirnya berjalan di lintas mesin berbeda prosesor terutama yang mengotaki mesin PC, tablet dan smartphone, semakin kecil margin keuntungan yang di dapat karena telah terbagi bagi kebanyak perangkat yang berbeda dan hal ini harus segera di atasi oleh masing masing kompetitor.

Pada perangkat mobile yang sudah barang tentu sebelumnya tidak bisa dibandingkan apple to apple dengan perangkat PC, kini jurang itu semakin menyempit.

5. Kisah dunia prosesor modern: Intel, AMD versus ARM

Dunia microprosesor kini menjadi ramai dan menjadi sengit persaingannya. Ini karena kehadiran ARM yang awal mulanya di desain hanya untuk menjalankan otak perangkat perangkat mobile seperti smartphone. Arm tidak hanya berbeda disisi arsitekturnya Arm samasekali berbeda dari sisi bisnisnya, dan itu terlihat sangat mencolok, bagaimana sih?

Meskipun sama sama pembuat atau produsen microprosesor, arm tadinya adalah spesialis otak smartphone sedangkan Intel dan AMD adalah spesialis otak PC seperti PC dekstop dan Laptop. Walaupun kini mulai menginvansi wilayah PC.

Intel dan AMD membuat chipset mereka sendiri, membangun pabriknya sendiri, memiliki bisnis dan karywan mereka sendiri. Itulah sebabnya hanya ada merek Intel dan AMD di dunia ini.

Sebaliknya ARM hanyalah bentuk bisnis franchise model baru dunia teknologi, mereka hanya menjual arsitektur dan nama mereka, apple membuat M1 berbasis ARM, qualcomm membuat snapdragon, ya berbasis ARM, Huawei membuat kirin berbasis ARM, Samsung membuat exynos berbasis ARM, Perusahaan asal Taiwan membuat mediatek berbasis ARM, kini Google juga akan membuat chipset berbasis ARM.

ARM tidak punya pabrik, tidak punya karywan pabrik, tapi mereka selalu menerima royalty. Keuntungan bisnis mereka juga tidak kalah menterengnya, karena selalu berada di peringkat atas bursa efek.

Dunia memang akan selalu berubah dan menemukan hal hal baru yang tidak terduga... 


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Belum ada Komentar untuk "Perang chipset modern, siapa yang bakal mendominasi dunia?"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel