Snapdragon 8 Gen1 Qualcomm bisakah menyaingi M1 Apple dalam menjalankan tablet Android?

Chipset terakhir yang selama ini menjadi dapur pacunya hape hape dan tablet Flagship Android adalah snapdragon 865 5G+ (7nm+) dan sejauh itu bekerja dengan sangat baik pada tablet tablet flagship samsung tab s7 plus, huawei matepad11 dll. 

Sementara pesaingnya di seberang sistem operasi Android yakni iPad pro menggunakan chipset buatan Apple M1yang jujur saja sangat kuat baik untuk kinerja performa kecepatan, rendering grafis dll. Pertanyaannya bisakah Snapdragon 8 gen 1 menyamai M1 ketika berjalan pada perangkat perangkat Android yang akan mengadopsinya?

Kita berharap demikian, karena sebagai seorang dengan kegiatan membuat dan mengedit konten multi media, terlibat pekerjaan grafis berarti membutuhkan mesin yang kuat dalam hal render. Sebagai contoh pada saat saya menggunakan tablet Android flagship dalam mengedit video sukuran 1GB menggunakan aplikasi editing video kinemaster menggunakan banyak layer, renderingnya terasa berat dan lama, sangat berbeda ketika pekerjaan yang sama saya lakukan melalui ipad pro menggunakan aplikasi lumafusion dan juga kinemaster, kecepatan rendering terasa sangat cepat dan tidak membosankan. 

snapdragon 8 gen1

Ini adalah bukti kekuatan M1 dibanding dengan snapdragon untuk perangkat mobile berlayar besar seperti tablet dan iPad. M1 terbukti membuat iPad mampu menjalankan bukan hanya aplikasi mobile yang enteng namun juga juga tugas tugas sebuah laptop yang berat. Bahkan seandainya aplikasi editing seperti adobe premiere bisa kompatibel, maka chipset ini pasti akan mampu menjalankan aplikasi kelas desktop itu dengan sempurna.

Namun tidak mungkin dengan snapdragon yang lebih mobile friendly ketimbang desktop oriented.

Saya lagi lagi pesimis terhadap tablet android: 

Pertama di satu sisi ia tidak memiliki sistem operasi khusus layaknya iPad yang meninggalkan sistem operasi iOS karena tidak bisa optimal buat tablet, tablet android masih menjalankan sistem operasi yang dibuat untuk smartphone yakni Android. Hal yang membuat tablet android tidak benar benar bisa menjadi sebuah tablet dan hanyalah sebuah smartphone bongsor.

Kedua di lain sisi ia juga di motori oleh dapur pacu yang sama dengan Smartphone Android flagship lainnya, beda dengan iPad yang pada akhirnya menggunakan chipset tersendiri yang bisa menjadi mesin bagi sebuah iPad sekaligus bisa menjadi mesin laptop macbook!

Pertama operating system, kedua urusan chipset. Sudah masanya meletakan lini tablet pada tempat yang khusus dan memisahkan identitasnya dari lini smartphone.

Jawaban saya, M1 bukanlah tandingan snapdragon gen, sama sekali bukan.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak