3 peningkatan signifikan untuk perangkat tablet flagship Android di tahun 2022

3 peningkata signifikan tablet Android di tahun 2022

Paling tidak janji ini menarik bagi pecinta gagdet tablet Android, karena jika kedua hal ini menjadi kenyataan maka tablet Adnroidlah - bukan iPad - yang paling cocok menjadi pengganti laptop windows setidaknya di status 'alternatif'.

Mengapa saya menyinggung Samsung, Google dan iPad Apple ketika membahas sebuah tablet? Alasan saya jelas karena saya memposisikan mereka dalam persaingan dan sekaligus kolaborasi bisnis berbasis teknologi.

Merekalah sekarang ini yang berdiri paling depan, paling maju dan paling sengit dalam persaingan bisnis teknologi gadget. Google sebagai pemegang teknologi kunci karena memiliki sisetm operasi mobile paling besar dan massive yakni Android, Samsung sebagai pabrikan teknologi perangkat keras gadget yang tidak terbantahkan, dan Apple adalah perusahaan yang memiliki hampir setiap lini gadget dari perangkat keras, sistem operasi hingga lingkungan bisnis yang paling branded di dunia fana ini.

Jadi tidak diragukan ketiga perusahaan ini yang paling menonjol di bidang persaingan sengit meskipun kadang kadang Google tampak berkolaborasi dengan Samsung dalam menghadang invasi pasar Apple.

1. Lini tablet Android versus iPad: Mana tablet yang sejati?

Untuk pembahasan ini kita masuk ke lini tablet yang mulai menggeliat. Apalagi pada tahun ini samsung telah mengeluarkan sebuah tablet dengan ukuran tidak biasanya yakni tab s8 Ultra dengan dimensi ukuran layar 14,6 inci bahkan laptop saja masih ada yang berukuran 12 inci.

Hingga tahun 2021 menurut hemat saya Lini tablet Android masih kalah signifikan dengan iPad terutama yang pro. 

Betapa tidak, Apple memisahkan 3 hal antara lini tablet dengan iPhone:

1.) Ukuran layar: iPad pro mulai dari 11 hingga 12,9 inci sedangkan iPhone terbatas hingga 6 inci ke atas namun di bawah 7 inci. Inilah satu satunya kesamaan tablet Android dengan iPad: Ukurannya yang lebih besar jika di banding dengan sebuah smartphone. 

Namun ukuran saja tidak dapat menjadikan sebuah tablet sebagai tablet sejati karena itu salah salah ia hanya akan menjadi sebuah smartphone yang bongsor.

2.) Dapur pacu: iPad pro sudah menggunakan chipset M1 yang juga dipergunakan di jajaran Macbook, M1 adalah chipset kelas PC yang memiliki keunggulan dan lebih modern daripada chipset intel dan AMD. Chipset ini selain cepat dan kuat ia juga sangat hemat daya.  Sementara Lini iPhone (smartphone) terbaru mereka menggunakan A Bionic 15 yang memang dirancang untuk gadget mobile genggam..

Berbeda dengan tablet Android yang hanya menggunakan chipset yang sama dengan yang dipergunakan pada smartphone Android hingga saat ini. Lihat saja chipset Tab s8 Ultra, ia memang telah menggunakan chipset terbaru buatan Qualcomm yakni snapdragon 8 gen1, namun chipset yang sama juga dipergunakan buat smartphone flagship mereka: samsung s22 dan smartphone Android flagship buatan vendor lainnya. 

Sekali lagi jika di banding iPad maka tablet Android hanyalah sebuah smartphone dengan ukuran super besar.

Berita baiknya sebagai langganan chipsetnya Android qualcomm berjanji akan meningkatkan versi chipset snapdragon berikutnya untuk mengalahkan keperkasaan chipset M1 buatan Apple. Saya tidak yakin apakah nanti akan ada dua versi misalnya yang satu disesuaikan dengan gadget genggam smartphone, yang lain di buat untuk meningkatkan fungsi dan kekuatan sebuah tablet flagship Android. Tapi sekali lagi saya tidak yakin. 

Tambahan pula jika qualcomm dapat mengungguli M1 Apple yang sekarang, apa Apple akan tinggal diam? Sementara Apple juga sedang membuat M1 generasi selanjutnya.

3.) Sistem operasi: iPad menggunakan iPadOS yang di optimalkan berjalan di layar besar seperti jajaran lini iPad. Sementara iPhone menggunakan iOS yang memang sedari awal dirancang untuk berjalan optimal di layar smartphone yang mereka beri nama iPhone.

Beda dengan tablet Android masih saja berkongsi sistem operasi Android yang sama dengan smartphone Android, yang mana sistem operasi Android ini sedari awal memang hanya di optimalkan buat layar smartphone. Meskipun pada perkembangannya masing masing produsen smartphone Android seperti samsung yang membuat ONE UI untuk mengoptimalkan antar muka dan tataletak aplikasi pada layar kedua jenis perangkat, namun hal tersebut tidak banyak berpengaruh pada pengalaman pengguna.

Berita baiknya Google sudah mengumumkan akan mengganti sistem operasi Android untuk tablet, smartphone layar lipat dan layar layar besar perangkat Android lainnya dengan sistem operasi baru pada tahun 2022 ini, yakni mereka sedang menyiapkan Android L.

Android L ini tentu saja tidak untuk di jalankan pada smartphone.

2. Kelayakan spesifikasi mesin menjalankan Aplikasi

Satu hal lagi seolah terungkap di tahun 2022 ini, yakni samsung tab s8 akan membawa aplikasi editor video lumafusion pada perangkat mereka. Dan aplikasi editor hebat ini akan tersedia di Galaxy store milik samsung dan juga Play Store Android. Tapi tampaknya hanya perangkat Android dengan speks mesin tertentu yang dapat menjalankannya. Simpan harapan pada hape Android kelas entry level karena bakalan tidak kuat menjalankannya. 

Atau akan ada penolakan otomatis dari sistem: Maaf perangkat Anda tidak kompatibel menjalankan aplikasi ini.

Lumafusion sudah berjalan bertahun tahun di perangkat Apple dan terutama ia sangat powerfull ketika berjalan di iPad pro. Editor video ini sangat dekat kualitasnya dengan editor video professional yang berjalan di PC dan macbook sebut saja Adobe Premiere. Jadi masuk akal ketika samsung mengundang Lumafusion untuk menyediakan aplikasi ini pada jajaran tablet Android Galaxy Tabs 8 yang di motori oleh chipset terbaru snapdragon 8 Gen 1 berarsitektur 4NM.

Akan tetapi kita tahu perangkat Apple tidak ada yang entry level. Namun lumafusion yang berjalan di iPhone fiturnya di batasi.

Pihak lumafusion sendiri bertahun tahun sebelumnya pernah memberikan pernyataan bahwa mereka dengan senang hati akan membawa aplikas ini ke Android namun terhalang oleh kendala spesifikasi kelayakan pada mesin perangkat Android kala itu. Kini tampaknya pemilik Tab s8 akan mencicipi editor video yang dapat merender video hingga 4K ke atas itu.

Oh ya jika kalian pernah mengedit video menggunakan iPad pro dan juga tablet Android menggunakan editor video Kinemaster akan terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada rendering. Tablet Android sangat lambat saat rendering sedangkan iPad pro terasa sangat enteng melakukannya. Itu adalah kekuatan mesin bukan ssemata mata software.

Saya kuatir lumafusion pertama kali hadir di tablet Android tidak Full function alias di batasi dan tidak sehebat ketika ia berjalan pada ipad.

3. Kesimpulan: 3 perubahan dan janji yang dinantikan

Secara tidak langsung kita merasa hal berikut adalah sebagai janji yang dinantikan:
  1. Qualcomm akan membuat chipset lanjutan yakni snapdaragon gen 2 yang bisa menandingi M1 Apple. Dengan ini setiap tablet dah smartphone flagship Android akan menjadi kencang dalam meproses pekerjaan yang menggunakan aplikasi berat yang membutuhkan tenaga grafis seperti editing video.
  2. Google akan merilis sistem operasi yang berbeda untuk lini tablet yakni Android 12L yang akan dapat menyamai sistem operasi iPadOS, sehingga dapat memaksimalkan pengalaman pengguna tablet dan meningkatkan antarmukanya.
  3. Samsung akan mendatangkan aplikasi editor video Lumafusion. Memang di Android sudah ada editor video yang memadai seperti Kinemaster dan Power Director yang memiliki chromakey, namun Lumafusion tampaknya lebih meyakinkan sebagai editor video mobile yang professional.
Ketiga hal ini akan menjadi alasan mengapa tablet Android pada akhirnya adalah 'the real PC alternatif'. Adalah menyenangkan menggunakan Android sebagai alternatif Laptop karena lebih banyak kebebasannya jika di banding dengan perangkat Apple...

Namun 3 poin di atas belum bisa begitu saja akan merubah dan membalikan permainan. iPad tetap saja tidak bergeming. Meskipun tablet Android memiliki segmen pasarnya tersendiri sebagai sebuah gawai dengan sistem operasi terbuka, namun untuk berada posisi mengalahkan iPad masih jauh dari kenyataan.


Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Perlahan tapi pasti sepertinya walaupun pada akhirnya masih jauh tertinggal dari iPad.

    Kalau cuma krn rendering2 lola selama mendapat kebebasan mgkn akan tetap dihati penggemarnya tapi banyak juga yg mengimpikan iPad.

    Saya kurang tau harganya, tapi wlw selisih 2 juta saya rasa org tetap akan pilih iPad, pilih iPad sambil nunggu Tab10 berbenah 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, faktanya iPad lebih unggul kualitas dan teknologinya

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak