Berikut 7 bahasa pemrograman jadul yang Paling legendaris sepanjang masa

Kita buka cerita dengan sebuah Intermezzo:

A.) Siapa yang buat game dan aplikasi 'X' di android yang luarbiasa itu?
B.) Gua dong
A.) Menggunakan bahasa pemrograman apa?
B.) kotlin dan Java
A.) Susah gak?
B.) Lu pikir jadi programmer itu mudah?
A. ) Ok, susah banget. Tapi siapa yang menciptakan bahasa Kotlin dan Java yang lu pakai membuat game dan aplikasi 'X' yang hebat itu?

Ah, ketika kalian main game sampai lidah terjulur julur saking asiknya, kalian lupa siapa yang buat game itu. 

Atau, ketika menggunakan aplikasi perkantoran seperti office excel yang telah membantu meringankan milyaran pekerjaan akuntansi di seluruh dunia, yakin kita tidak panasaran siapa yang membuatnya? 

Oke kita akhirnya tahu mereka adalah para programmer yang menguasai bahasa bahasa pemrogramman. Tapi bahasa bahasa pemrograman itu sendiri siapa sih penciptanya? Di atas pencipta selalu ada pencipta. Persoalannya lagi apa bedanya programmer komputer dengan programmer aplikasi? Mengapa yang terakhir justeru paling mudah di lakukan justeru sangat populer?

ilustrasi para saintis programmer komputer
ilustrasi para saintis programmer komputer

Gak heran timbul persamaan tentang dunia multiverse, dunia paralel. Dunia perbandingan dunia dua dimensi, tiga dimensi, empat dimensi, lima dimensi dan dimensi dimensi tanpa batas.

Timbul teori. Lebih sederhananya: Di atas langit selalu ada langit lagi. Jika seorang professor mampu menciptakan robot pintar suatu hari, yang pintarnya plus kesadaran kognitifnya melebihi manusia dan bahkan melebihi professornya sendiri, apakah dia mau mengakui sang professor sebagai penciptanya? Dia akan mengakuinya dan menyadari bahwa sang pencipta juga di ciptakan oleh 'sesuatu' yang lain. Lalu di atas sang pencipta siapa pencipta yang lainnya?

Baca juga: 

Alasan mengapa kita harus belajar koding sejak usia dini

Akan tetapi yang jelas hampir semua pencipta bahasa pemrograman pertama adalah ilmuwan, dan semua ilmuwan itu membutuhkan matimatika ketika menciptakan bahasa bahasa yang mereka tanamkan ke mesin komputer tersebut. Ayo simak cerita yang sangat menarik ini!

BAHASA BAHASA PEMROGRAMAN DAN PARA PENCIPTANYA.

Bahasa bahasa program komputer juga mengalami masa masa pasang surut, bahkan tidak sedikit bahasa programming yang dulunya begitu populer akhirnya tidak dipakai lagi. Beberapa bahasa program lain yang sedang di kembangkan bahkan layu sebelum berkembang. Ada juga yang terus bertahan dan menjadi semakin populer.

walaw, boro boro menulis bahasanya, Aku disuruh mempelajari bahasa bahasa pemrograman yang jumlahnya 700 buah bahasa di dunia sekarang ini merasa tidak sanggup. Artinya jika menguasai salah atau beberapa dari bahasa dari bahasa bahasa itu Aku bisa menjadi seorang programmer, programmer saja sudah terlihat mengagumkan, apalagi para pencipta bahasa pemrograming tersebut bukan? Mereka itu master banget.

Bayangkan sama kalian, dengan menggunakan bahasa kotlin para programmer bisa membuat game game Android offline dan online yang kalian mainkan dengan asyik sampai terjulur julur lidah, lol. Siapa pembuat dan penyusun bahasa Kotlin? Tim google?  Atau para ahli menggunakannya untuk membuat kecerdasan tiruan (Artificial Inteligent) sehingga robot akan menjadi sepintar manusia. Atau para hacker yang membuat projek projek hacking dengan hasil mencengangkan. Belum lagi ratusan juta orang mendapatkan penghasilan berkat menjadi programmer. 

Dapatkah kalian bayangkan betapa besar dampaknya terhadap kehidupan nyata kita? 

bahasa pemrograman zaman old

Di luar bahasa program masa kini yang telah begitu populer, inilah 7 bahasa programming jadul, namun pada masanya adalah merupakan bahasa programming yang sangat sulit di pelajari karena rumitnya dan juga karena keterbatasan perangkat teknologi mesin atau perangkat keras dalam membaca bahasa dan instruksi dari bahasa pemrograman pada masa itu.

Swear, dengan keterbatasan piranti lalu tercipta bahasa bahasa platform yang hebat ini, aku mau tidak mau tercengang cengang sendiri memikirkan betapa hebatnya dan betapa jeniusnya para penyair dan para pujangga koding ini. Walaupun sebagian mereka kini mungkin telah tiada.

Berikut 7 bahasa pemrograman yang dapat aku kumpulkan dan aku pilih dari berbagai sumber:

1. COBOL

Kalau tidak membaca, aku bahkan tidak tahu bahwa bahasa yang satu ini pernah ada. maklum aku lahir di zaman dominasi bahasa bahasa programming seperti Java, HTML, Python, web Assembly telah merajai pelajaran coding dan atau bahasa pemrograman.

bahasa cobol

Padahal Cobol sebenarnya adalah sebuah bahasa pemrograman yang legendaris dan ia telah menginsipirasi dan bahkan telah meninggalkan DNA-nya kepada bahasa bahasa pemrograman masa kini.

Ia  di ciptakan pada tahun 1959 oleh salah satu ilmuwan komputer perintis Grace Hopper. Wanita hebat ini juga lho yang ternyata telah mencipatakan dan mempopulerkan istilah "bug" atau celah atau lubang keamanan pada suatu penulisan pemrograman komputer. 

Istilah yang hari ini menjadi bahasa sehari hari programmer dan bahkan orang awam pada masa sekarang. Bahkan ia merujuk kepada kegiatan hacker: Mengeksploitasi celah keamanan! Menemukan bug dan memanfaatkannya untuk merampok kartu kredit dan bank secara online.

Sampai sekarang Cobol masih di ajarkan dalam bentuk mata pelajaran referensi pemrograman di sekolah komputer. Tapi tahukah kalian, tahun 2000 yang silam organisasi keuangan telah merekrut ulang para Programmer veteran yang telah tua demi menggali sumber kode lama Cobol dan memperbaiki masalah yang sedang mereka hadapi. 

Tahu siapa Grace Hopper? Dia itu seorang wanita guru dan ahli matimatika, pernah menjabat sebagai officer berpangkat admiral angkatan laut Amerika. Seorang pemimpin yang cerdasnya gak ketolongan, dia di anggap sebagai perintis dan pengembang teknologi komputer. Dia yang juga lho yang mula mula membangun model compiler yang sering di gunakan oleh para programmer masa kini. Kini dia telah tiada tapi jasanya abadi sepanjang masa.

grace hopper
grace hopper

Dan tahun 2017-2018 yang lalu Computer world melaporkan bahwa Programmer muda, yang mengerti COBOL, mendapatkan tawaran gaji yang sangat fantastis! Oh ternyata mempelajari bahasa bahasa pemrograman kuno cukup menguntungkan juga.

Menariknya lagi bahasa Cobol juga di gunakan oleh dinas pertahanan militer Amerika dan memiliki sintaks mirip bahasa Inggris sehingga mudah sekali di pelajari dan di mengerti. Namun berbeda dengan bahasa bahasa pemrograman yang lebih modern yang sering menggunakan formula seperti y=x, Cobol menggunakan lebih banyak kata (lebih 300 kata) seperti:
"Move X to Y", menurut aku itu worth banget! 

Mengapa Javascript tidak menggunakan sintaks yang lebih sederhana ya, perasaan bahasa ini keriting sekali terutama banyak yang suka melakukan encoding. Menyembunyikan hasil tulisan mereka dengan cara Deobfuscate Javascript...

2. ALGOL

Di ciptakan oleh sejumlah ilmuwan yang rata rata ahli matimatika. Kependekan dari Algorithma Language. Di ciptakan pada tahun 1958, ya Allah tahun itu kakek aku saja baru di lahirkan lho, bahasa ini adalah keluarga bahasa pemrograman komputer yang sangat penting, awalnya dikembangkan pada pertengahan 1950-an, yang sangat berpengaruh terhadap banyak bahasa pemrograman lain dan merupakan metode standar untuk mendeskripsi kan algoritma yang digunakan oleh Association for Computing Machinery (ACM) dalam buku teks dan telah menjadi sumber akademis selama lebih dari tiga puluh tahun.

bahasa algol

Dalam arti bahwa sintaks sintaks dari sebagian besar bahasa modern adalah sangat mirip satu sama lain "seperti-Algol",  bisa dibilang Algol yang paling berpengaruh dari empat bahasa pemrograman tingkat tinggi lain yang pernah ada jika di bandingkan dengan: FORTRAN, Lisp, dan COBOL. Maaf aku hanya tahu sekilas dari referensi referensi yang dengan susah payah aku pelajari dan aku fahami.

Ia juga dirancang untuk menghindari beberapa masalah yang dirasakan dengan FORTRAN dan akhirnya memunculkan banyak bahasa pemrograman lain, termasuk PL / I, Simula, BCPL, B, Pascal, dan C.

Baca juga: 

SEPENTING APAKAH MATEMATIKA UNTUK PELAJAR IT?

Jadi jika kalian ingin belajar bahasa pemrograman lama yang mengedapankan Algoritma, Algol adalah sumbernya. Pelajar pelajar IT zaman dulu dengan bangga mempelajari bahasa pemrograman ini. Kelas kelas menjadi sepi pada saat pembahasan algoritma oleh Professor mereka. Dari mana aku tahu? Ya karena kepo dong.

Dan yang mengejutkan Algol ini adalah sumber DNA bahasa bahasa pemrogramman modern di masa kini, jika kalian pernah mempelajarinya akan terlihat DNA DNA tersebut pada bahasa bahasa pemrograman modern yang sedang kalian pelajari dan sedang kalian pergunakan.

Beda dengan bahasa program cobol yang dicetuskan oleh seseorang, algol di kembangkan oleh tim ilmuwan komputer gabungan Amerika dan Eropa.

3. Pascal

Di beri nama seperti nama ilmuwan matimatikan Blaise Pascal, bahasa pemrograman yang satu ini di temukan pada tahun 1968 oleh Niklaus Wirth dari Switzeerland. Tentu saja dia adalah seorang ilmuwan komputer dan ahli matimatika.

niklaus wirth

Pascal terlihat lebih modern daripada pendahulunya dan segera menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer pada masa itu dan juga pada tahun tahun selanjutnya.

bahasa pascal

Apalagi Pascal di pergunakan untuk pengembangan komputer Apple, dan Pascal sendiri adalah turunan bahasa Algol dan memiliki versi yang paling luas di pergunakan yakni Turbo Pascal yang di ciptakan pada tahun 1983 dan masih di pergunakan sampai saat sekarang untuk pembelajaran pemrograman berorientasi objek.

Penulisan bahasa Pascal mirip sekali dengan cara penulisan bahasa pemrograman modern pada umumnya.

4. PL/I

Kependekan dari "Programming Language One".

bahasa pl/1

Tidak bisa mengabaikan bahasa yang satu ini walau telah jadul. Ia di ciptakan oleh sekelompok ahli di bawah arahan perusahaan raksasa komputer IBM pada tahun 1964 tetapi baru dirilis pada tahun 1969. Bahasa ini kemudian menjadi sangat populer pada awal tahun 1970. Bahasa ini juga memiliki sintaks mirip bahasa Inggris. 

Bahasa yang di tujukan untuk mengganti bahasa COBOL, FORTRAN dan bahasa bahasa pemrograman lainnya pada masa itu. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk mainframe IBM System 360, yang berfungsi untuk banyak keperluan seperti pembukuan hingga astrofisika. Lebih banyak di pergunakan oleh negara negara Uni Soviet ketimbang negara negara barat.

Namun karena menggunakan dan memakan begitu banyak sumber daya bahasa PL/I tidak lagi di pergunakan pada masa sekarang walaupun telah di perbaharui setahun yang lalu. Tunggu, ternyata bahasa pemrograman harus memenuhi syarat hemat daya juga bukan, contohnya sistem operasi Apel yang mampu menghemat daya battery karena efesiensinya.


5. Fortran

Fortran di kembangkan oleh seoran ilmuwan ahli matimatika John Backus kelahiran Philadelphia, Amerika Serikat. Setiap pencipta bahasa program komputer pastilah ahli matimatika, mengapa? Karena melibatkan hitung hitungan yang rumit ke cocokan piranti keras dengan kode kode perintah. Sebut saja fungsi probability density.

John Backus
John Backus

Paling tidak untuk mencari parameter parameter dalam persamaan vector machine, maka dibutuhkan ilmu kalkulus, 

bahassa fortran

Bahasa yang satu ini relatif sangat rumit dan sulit di pelajari karena di tujukan untuk komputasi ilmiah di kalangan ahli dan masih di pergunakan sampai masa kini. Sintaks sintaksnya adalah kode kode rumit yang harus benar benar di fahami, jika kalian ingin mempelajari bahasa yang satu ini kayaknya kalian juga di sarankan untuk menguasai matimatika seperti kalkulus terlebih dahulu.

Fortran di rilis pada saat penerbangan satelit pertama ke luar angkasa bumi. Dapat di bayangkan ia hanya dipelajari terbatas oleh para programmer jenius pada masanya.

6. LISP

Singkatan dari "List Processing" Di buat pada tahun 1958 oleh John McCarthy, lagi lagi dia asalah seorang ilmuwan ahli matimatika! Apalagi jika melihat kenyataan bahasa LISP adalah bahasa dengan algoritma yang sangat rumit karena memicu kecerdasa buatan!

bahasa lisp

Bahasa yang satu ini menurut aku terbilang bahasa yang memiliki kans masa hidup panjang. Bahasa ini adalah cikal bakal bahasa pemrograman berorientasi A.I. (Artificial Inteligent) atau, apalagi kalau bukan untuk di gunakan membuat kecerdasan buatan.

Sebagai gambaran: Semua kode program ditulis sebagai ekspresi-s, atau daftar dalam tanda kurung. Pemanggil fungsi atau bentuk sintaksis ditulis sebagai daftar dengan fungsi atau nama operator terlebih dahulu, dan argumen berikut; misalnya, fungsi f yang mengambil tiga argumen akan disebut sebagai (f arg1 arg2 arg3). 

John McCarthy
John McCarthy

Aduh aku ragu orang awam pada saat ini mengerti penjelasan ini. Kalian mengeri beberapa fungsi javascript? Kalian akan menemukan beberapa atribut, sintaksis, dan deklarasi yang mirip.

Ngomong ngomong masalah A.I., Kalian pernah nonton filem A.I.? Nah robot robot itu menjadi pintar dan bisa berfikir, memiliki kesadaran yang kognitif dan memiliki keputusan bertindak mereka sendiri di luar kendali atau di ciptakan untuk mengendalikan diri mereka sendiri oleh manusia karena mereka memiliki kecerdasan buatan berdasarkan A.I. 

Karena mereka di buat dengan bahasa pemrograman berorientasi A.i. Bahkan para ilmuwan memiliki ketertarikan sekaligus kecemasan terkait A.I. ini. Sebagian mereka mengatakan A.I. berpotensi mengancam keberadaan manusia pada saat mereka kelak telah melebihi kita kecerdasannya.

Jika kalian berminat menjadi ilmuwan A.I. bahasa pemrograman ini rasanya masih wajib dipelajari.


7. APL

Yang terakhir adalah APL atau singkatan dari "A Programming Language" ini di tujukan untuk matematika terapan dan sangat populer di tahun  1960. Ia di ciptakan oleh seorang ahli matimatika Amerika bernama Kenneth E. Iverson.

bahasa apl

Bahasa ini sederhana dan sangat jelas penulisannya. Penulisnya Bapak Ken Iverson, menurut sumber informasi dari masa lalu yang aku baca dia menerima Turing Award untuk bahasa pemrograman ini.

Kenneth E. Iverson
Kenneth E. Iverson

Tetapi APL memiliki beberapa kelemahan, diantaranya penggunaan huruf Yunani dan simbol yang tidak jelas,akibatnya programmer harus menggunakan keyboard khusus. Juga dibaca dari kanan ke kiri, seperti bahasa Arab dan bahasa Ibrani (Yahudi). untung dua kali dong belajar bahasa koding sekaligus belajar bahasa konvensional he he he...

Demikianlah bagaimana 7 bahasa pemrograman jadul ini pernah ada. Mungkin mereka di buat jauh sebelum kita di lahirkan, tetapi mereka semua begitu sempurna dan mengagumkan, begitu pintar dan cerdas. Dan harus di ingat tidak akan ada masa sekarang tanpa masa lalu...

Kini jejak jejak syair dari para penyair koding dari masa lalu itu masih tersisa DNA-nya. Masih di tulis dalam cara bahasa pemrograman modern yang tinggi. 

Mereka telah memberikan sumbangsihnya, rasanya tanpa mereka kita tidak juga akan semudah ini mengenal bahasa C++, Ruby, Python, Java, HTML, SQL dll.

Lalu di kalangan pelajar kodinger dan programmer aplikasi game sering mempertanyakan: Gua pingin jadi programmer kerjaan gua ntar programming membuat game dan aplikasi, lalu mengapa gua kudu belajar matimatika juga?

Aduh, itu namanya operator yang menggunakan bahasa program atau menggunakan bahasa programming tertentu untuk membuat game dan aplikasi, kalian harus membaca tulisan kami sebelumnya:


Pantesan setelah menamatkan mata kuliah IT lu gak jadi apa apa...lu bukan programmer komputer!

6 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Sekalian saya tiap ke sini jadi belajar ilmu2 pemrograman nih mas, lumayan biar ngasah otak supaya nggak tumpul, walaupun lumayan rumit juga yach buat sy yang ga ada basic ilmu dasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, mbak. Saya senang jika artikel saya bermanfaat. Insyaalah tahun depan saya kuliah bagian pemrograman :)

      Hapus
  2. Bahasa pemrograman ini benar-benar jadul, aku sih bayanginnya ya bahasa yang pertama dikenal seluruh umat itu sejenis HTML yang semakin dikembangkan.
    Eh, ternyata ada nama-nama bahasa pemrograman yang asing dan aneh. Terus juga ada bahasa Fortran yang mengharuskan seseorang yang ingin menguasai harus belajar matematika dulu, khususnya kalkulus.

    Aku belajar HTML dan sejenisnya aja sudah kesulitan, apalagi bahasa-bahasa lama yang pastinya jauh lebih jadul.

    Tapi, keren hasil penelitiannya Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemrograman tidak selalu harus belajar matimatika jika hanya misalkan berakhir menjadi seorang developer software dan terjun ke bisnis. Tapi wajib jika ingin berlanjut ke sains komputer. Baca artikel saya yang terbaru mbak einid :)

      Hapus
  3. Wah jd keingat dlu awal awal kuliah belajar pke pascal. Lama2 semester akhir pake java, c#

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tidak pernah belajar formal. Segalanya hanya otodidak dan KEPO 😅

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak