Bagaimana hasilnya jika microfon condenser Soundtech 2.0 di adu dengan microfon Samson meteor?

samson meteor versus soundtech 2 mana yang lebih worthed?

Soundtech 2.0 ini menurut beberapa pengguna adalah penyempurnaan dari microfon Soundtech sebelumnya yakni ST-800 yang banyak di jual di toko toko online. Kita tentu mengerti segala hal baru biasanya hadir untuk menyempurnakan produk lama. Namun Brand ini juga tentunya telah memproduksi beberapa model microfon condenser dengan fitur, karakter dan harga yang berbeda beda dan menyasar pada kemampuan kantong dan selera pengguna.

Brand, dan situs resmi

Tapi perlu saya jelaskan meskipun di kemasan soundtech tertera alamat situs microfon ini namun tidak bisa di buka atau belum bisa di buka. Dan meskipun telah di cari cari situs resminya akan ada banyak situs dengan nama yang sama namun memiliki produk dan target yang berbeda beda. 

Sebaliknya mudah sekali mencari situsnya samson mic, ini cukup menjelaskan bahwa dalam hal memproduksi microfon streaming dan model microfon lainnya, samson jelas lebih branded, lebih fokus dan tampaknya memang lebih profesional dalam membuat produk mcrofon. 

gambar laman produk microfon samson

Kalian bisa ketikan 'situs microfon samson' dan 'situs microfon soundtech' ke pencarian google.

Sebelum kita membahas dan membandingkan dua produk ini mari kita pahami 3 karakter atau fitur microfon condenser yang pada akhir akhir di buru seiring dengan maraknya kegiatan di media streaming online.

Perbedaan keduanya:

Soundtech 2.0: Terbuat dari kombinasi logam dan plastik namun terasa solid di genggaman. Ia dibuat dengan desain dan gaya modern dan ke kinian. 

Soundtech ini memiliki 2 karakter atau fitur bawaan yakni Cardioid dan omnidirectional dan memiliki tombol pola pattern untuk pengaturannya. Ia memiliki lubang koneksi audio type C dan lubang Jack untuk memonitor audio. Ia juga memiliki tombol volume, tombol echo dan tombol noise reduction. 

Di patok dengan harga jauh lebih murah yakni 499ribuan saja maka sekilas ia telah memenangkan banyak hal daripada saingan yang akan kita jelaskan di bawah ini.

Samson Meteor: Ukuran dimensinya lebih kecil daripada Soundtech 2.0 dan fisiknya terbuat dari bahan logam berkilap yang solid. Desain nya adalah klasik dan bergaya retro seperti pada umumnya di pergunakan oleh penyiar radio zaman dulu. 

Samson Meteor hanya memiliki satu karakter yaitu fitur cardiod saja, namun ia telah di lengkapi dengan tombol volume dan lubang Jack audio serta tombol mute. 

Samson ini telah di produksi sejak tahun 2011 artinya telah berusia 10 tahun. Harganya 1,1 jutaan

Polar Patterns

Polar pattern (pola polar) adalah istilah untuk menjelaskan arah mikrofon dalam menangkap suara.

Maklum saja, karena mic merupakan benda 3D yang bisa menerima suara dari semua arah. Tapi tiap microfon tentu saja karakternya berbeda beda, disesuaikan situasi yang direkam. 

Nah, tangkapan suara ini dibedakan menjadi: 
  1. omnidirectional, 
  2. bi-directional dan 
  3. cardiod.

/ /OMNIDIRECTIONAL

Mic omnidirectional bisa menangkap suara dari semua arah dengan kualitas yang sama. Sehingga cocoknya untuk merekam orkestra atau paduan suara dan biasa dipakai untuk live music di studio karena membutuhkan suara ruangannya juga. 

Contoh mikrofon jenis omnidirectional adalah Rode Reporter, harganya mahal selangit

//Bi Directional

Namun Soundtech versi 2.0 ini tidak memiliki opsi tombol bi-derictional di mana perangkat haya menangkap suara di depan dan di belakang. 

//Cardioid

Dan tentu saja Soundtech 2.0 ini mengusung fitur utama streaming yakni cardiod dan omnidirectional, namun cardioid adalah fitur yang sangat penting setidaknya bagi saya. Boleh dikatakan microfon jenis condenser yang paling sering saya pakai adalah Cardioid. Contohnya Samson Meteor. Bi directional dan omnidirectional tidak terlalu penting karena saya tidak punya teman buat ngobrol.

Saya adalah vlogging single fighter, tau kan single fighter? Segalanya saya lakukan seorang diri: Hidup sendiri, menghadapi dunia seorang diri, pasang dan atur kamera seorang diri, narasi seorang diri dll juga selalu seorang diri. 

Akan tetapi lain kali bisa saja berbeda jika saya bisa kolaborasi vlogging dengan sesama vlogger, atau membuat konten konten podcast, maka harapan saya adalah microfon soundtech ini dapat saya pergunakan karena telah memiliki tombol untuk mengaktifkan fitur omni directionalnya.

Sebelum saya tes suara mikrofon ini untuk membuktikan kemampuan performanya saya harus menjelaskan. Semua microfon condenser yang saya miliki adalah mikrofon USB dengan kabel dan colokan masuk USB type C yang paling banyak dipergunakan di tahun 2021, jadi bukan USB Micro model lama.
 
Akan tetapi hanya colokan masuk atau inputnya ke microfon yang dibuat model type C, colokan keluar atau outputnya adalah USB type A yang biasanya terdapat pada PC PC atau komputer model lama dan tua  jadi saya pikir alangkah baiknya jika dua duanya yakni USB input dan outputnya adalah type C. Untuk mengatasinya saya terpaksa membeli USB OTG agar sesuai dengan perangkat hape dan tablet yang saya miliki.

Soalnya hampir semua perangkat masa kini di buat dengan built in colokan kabel type C, saya punya hape, tablet, iPad dan Macbook semuanya type C. 

Dan saya juga ingin menjelaskan bahwa microfon USB ini saya gunakan untuk di colokan ke hape dan tablet bukan ke PC windows. Sama seperti microfon mikrofon condenser yang telah saya miliki sebelumnya. Zaman sekarang memang enaknya mobile terutama bagi pemula yang tidak memiliki studio seperti saya. Ok chect it out!


Setelah adu kita dapat menyimpulkan, siapa pemenangnya:
  1. Material dan Desain: klasik retro vs modern, hasilnya SERI.
  2. Kelengkapan fitur/karakter, hasilnya dimenangkan oleh soundtech 2.0
  3. Harga, 1,1 juta rupiah vs 499ribu rupiah, pemenangnya adalah Soundtech 2.0
  4. Brand, pemenangnya adalah Samson Meteor
  5. Kualitas suara, pemenangnya adalah Samson Meteor.
Dan kedua microfon ini telah kami uji menggunakan perangkat perangkat yang sama:
  1. Tablet Samsung tab s7 plus (Android11)
  2. Tablet Huawei matepad 11 (HarmonyOS)
  3. Macbook (MacOS)
  4. Samsung Smartphone A21s
Semua perangkat menggunakan koneksi USB type C. Suara adalah asli tanpa di edit. Pengujian hanya menggunakan karakter dan fitur cardiod saja. Hasilnya akan dapat kalian tonton di video situs channel Official youtube admin di atas, video sedang dalam proses. 


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak