Soundtech st800 adalah versi lama atau produk microfon kondenser produksi Soundtech. Tahun 2021 Soundtech mengeluarkan produk microfon vers murah mereka kembali yakni soundtech 2.0 dengan selisih harga yang tipis namun dengan fitur dan karakter yang jauh berbeda. Karena:

Soundtech 2.0 memiliki 2 polar pattern yakni cardioid dan omnidirectional di tambah dengan tombol colokan headset untuk memonitor suara, juga memiliki tombol noise reduction dan tombol rivert untuk menghasilkan beragam suara yang tidak akan kita dapatkan pada st800.

Akan tetapi apakah semua itu benar benar worthed? Dan dengan syarat bahwa microfon mirrofon USB harus di pergunakan sepraktis mungkin, juga harus instan tanpa ribet menambahkan perangkat tambahan ini dan itu seperti mesin soundcard, harus dapat dipergunakan langsung ke perangkat mobile seperti hape dan tablet Android dan iOS, apakah soundtech 2.0 benar benar dapat mengalahkan st800 yang lebih murah dan lebih jadul?

Dan satu hal lagi yang harus di garisbawahi, sebagai pembuat konten video dengan narasi, bertutur dan untuk memberikan tips dan triks, juga beberapa tutorial, satu satunya fitur yang paling banyak saya pergunakan adalah karakter penangkapan suara cardioid, jarang sekali saya membutuhkan karakter polar pattern seperti bi-directional dan omnidirectional. Saya hanya membutuhkan sebuah microfon yang menangkap suara saya bukan suara di sekeliling saya.

Hasilnya seperti dugaan saya, st800 masih lebih worthed. Lho kan soundtech 2.0 memiliki fitur lebih lengkap? Sebut saja memiliki polar pattern yang lebih lengkap untuk perbandingannya adalah sebagai berikut:

Fitur dan karakter soundtech 2.0 vs st800

Namun dengan segala kekurangan fitur dan karakter microfon st800 yang miskin tombol itu justeru memiliki kelebihan penangkapan suara cardioid, dan seperti yang saya singgung di atas, jika kebutuhan kalian hanya untuk bernarasi, diskusi dan belajar online atau membuat tutorial dan bahkan podcast st800 sudah lebih dari cukup.

Kalian dapat melihat hasilnya pada video video yang kami posting di  Youtube - channel editblogtema.

Suara atau audio sangatlah penting bagi konten video seperti telah kita singgung di atas, dan agar suara jernih dan dapat ditangkap dengan jelas supaya pesan konten lebih dapat di tangkap dan diterima oleh pemirsa kita, maka sebuah microfon untuk streaming adalah sebuah keniscayaan.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: