3 APLIKASI PENGEDIT VIDEO ANDROID UNTUK MEMBUAT STUDIO YOUTUBE DALAM SEKALI KLIK

cara membuat studio real yang bukan sungguhan di youtube

Perangkat android dari hari ke hari menjadi semakin praktis, semakin kuat dan semakin menjanjikan bagi para penggunanya untuk menopang berbagai kegiatan, kebutuhan dan juga pekerjaan.

Kali ini kami akan berbagai bagaimana caranya membuat ruang studio nyata namun tidak sungguhan di Youtube menggunakan aplikasi aplikasi editor yang tersedia di hape dan tablet Android menggunakan aplikasi aplikasi editor video yang tersedia di Play store.

Terdapat 3 aplikasi editor video yang sangat bagus di tablet Android, 2 diantaranya sudah tersedia, sedangkan satu lagi akan menyusul. Ketiga aplikasi editor video ini memiliki kemampuan menghapus latar belakang video karena memiliki tool yang bernama chromakey atau kunci kroma. 

Melalui tool atau fitur kunci kroma inilah kita membuat latar belakang video bisa berubah menjadi latar hidup entah di dalam ruangan atau di luar ruangan. Misalnya tiba tiba kalian berada di padang rumput savana dengan hewan liar atau di dalam ruangan studio mewah, atau...banyak kemungkinan imajinasi tanpa batas. Menarik bukan?

Ketiga aplikasi tersebut adalah:
  1. Kinemaster
  2. Power Director
  3. Lumafusion
1). Kine master

Kine master sangat lengkap, tahu mengapa? Karena ia memiliki kemampuan editing video menggunakan layer yang banyak artinya video dapat di lapis lapis dan di timpa dengan video lain lalu kita bisa menambahkan berbagai efek transisi yang halus. Fitur layer adalah ciri ciri editor video professional layaknya yang biasa kita pergunakan pada laptop windows dan Macbook.

Dan berkat fitur layer ini pula fungsi kroma dapat berjalan dengan sangat akurat. Fungsi kroma atau kunci kroma atau chroma key inilah yang membedakannya dengan editor video sederhana lainnya dan asal kalian tahu kunci kroma inilah yang mampu menghapus warna latar terutama biru dan hijau dengan sangat sempurna sehingga latar belakang video benar benar berubah dari aslinya.

Kinemater juga mampu meng'crop' video lapisan (layer), mengedit musik tambahan, mengedit pencahyaan dan warna video atau gambar, namun ia tidak memiliki tool penghalus kulit untuk video dan gambar yang sedang di olahnya.

Senangnya lagi ia dapat dipergunakan landscape sehingga ketika dipergunakan melalui tablet, menggunakan kine master terasa seperti menggunakan aplikasi editor video kelas PC.

Kelebihan di banding Power Director
  • Memiliki kemampuan crop video pada lapisan (layer)
Kekurangan di bandingkan dengan Power Director
  • Tidak memiliki fitur penghalus kulit, 
  • Tidak memiliki stabilizer video.
Kekurangan di sisi pengguna: Untuk mendapatkan versi premium harus berlangganan alias membayar pertahun atau perbulan, hanya dengan berbayar kita dapat menghilangkan watermark pada video yang telah kita buat menggunakan aplikasi yang satu ini.

Pengguna premium juga akan mendapatkan semua fitur premium pada saat ia tersedia.

2). Power Director

Sama seperti Kine master Power director memiliki kemampuan editing video yang cukup mencengangkan saya yang biasanya mengedit video melalui macbook. Editor video ini memiliki kemampuan multi layer, sehingga video dapat di lapis lapis, memiliki kemampuan membuat transisi.

Tool dan fitur layer juga memiliki akurasi yang baik, baik ketika di potong, menambahkan transisi dll. Dan berkat fitur multilayer ini kunci kroma bekerja dengan sangat baik di Power director pokoknya setara dengan. 

Kalian dapat membuat aplikasi dengan latar hijau dan kemudian mengeditnya menggunakan kunci kroma di Power Director, hasilnya di jamin memuaskan. Setelah itu kalian bisa mengedit warna dan pencahayaan video latar agar sesuai dengan video utama yang latarnya sudah di hapus.

Dan Power Director juga memiliki kemampuan landscape sehingga ketika menggunakannya melalui tablet terasa seperti menggunakan editor hebat seperti adobe premiere versi yang di sederhanakan namun kuat.

Kelebihan di banding Kinemaster
  • Memiliki fitur penghalus dan pemutih kulit (kayaknya editor yang pas buat kaum cewek agar terlihat selalu cantik pada saat tampil di Youtube)
  • Memiliki stabilizer untuk video.
Kekurangan di bandingkan dengan Kinemster
  • Tidak memiliki kemampuan crop video pada lapisan (layer)
Kekurangan di sisi pengguna: Untuk mendapatkan versi premium harus berlangganan alias membayar pertahun atau perbulan.

Sama seperti Kinemster, untuk mendapatkan versi premium harus berlangganan alias membayar pertahun atau perbulan, hanya dengan berbayar kita dapat menghilangkan watermark dan iklan pengganggu pada video yang telah kita buat menggunakan aplikasi yang satu ini.

Pengguna premium juga akan mendapatkan semua fitur premium pada saat ia tersedia.

3). Lumafusion

Ketika tulisan ini di turunkan, Lumafusion belum lagi hadir pada perangkat Android. Akan tetapi ketika ini sudah beredar informasi bahwa lumafusion bekerjasama dengan samsung untuk menghadirkan editor video ini ke Android berhubung samsung telah memproduksi varian tablet galaxy terbaru yang salah satunya berukuran super jumbo yakni tab s8 Ultra dengan ukuran layar 14,6 inchi.

Mengikuti debut lumafusion yang selama ini hanya tersedia pada perangkat mobile Apple yakni iPad dan iPhone, kami dapat menyimpulkan pasti ia memiliki kemampuan di atas rata rata atau paling tidak paling mendekati kemampuan editing editor video di perangkat PC Windows dan MacOS. Jika tidak samsung tentu tidak menargetkannya agar dapat dipergunakan di tablet keluarga galaxy selanjutnya.

Lumafusion sejauh ini, jika di pergunakan di iPad memiliki semua kemampuan Kinemaster dan Power Director:
  • Memiliki fitur multilayer
  • Memiliki stabilizer video
  • Memiliki kunci kroma (chromakey)
  • Memiliki kemampuang korping video lapisan
  • Memiliki editor warna dan efek pencayaan
  • Dll
Perlu di ingat meskipun pada perangkat mobile nya Apple sudah memiliki iMovie yang juga bagus, namun pengguna lebih menyukai menggunakan Lumafusion ini terutama apabila menyangkut kebuthan editing video untuk di publikasikan ke Youtube.

Kelebihan di sisi pengguna: Untuk mendapatkan versi premium jika di banding dengan kinemaster dan powerdirector, pengguna cukup membayar sekali (sekali beli) untuk menggunakannya seumur hidup.

Sehingga melalui cara itu kita akan mendapatkan semua fitur premium dan menggunakannya tanpa ads dan watermark.

Bagaimana apakah kalian panasaran ingin menunggu lumafusion di Android?

Kesimpulan

Mengapa membuat latar video sekali klik? Karena jika kalian termasuk youtuber yang perduli pada kerapihan tampilan, maka kalian membutuhkan dua hal sebelum video di publikasikan.


Pertama latar atau dinding warna hijau atau warna biru. Karena hanya kedua warna ini sangat bagus untuk dimanipulasi meskipun kunci kroma pada editor video mampu menghapus warna latar lain.

Kedua editor video yang memiliki fitur kunci kroma. Tidak semua editor video memiliki fitur ini, karena dengan fitur kunci kroma atau chroma key maka latar video warna hijua atau biru tadi dengan sekali klik akan hilang dan di ganti dengan latar video yang sesuai dengan ke inginan kalian.

Saya akan membuat tutorial cara menggunakan kunci kroma kinemaster dan power director ini, tunggu saja videonya di channel editblog info di Youtube...


Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

3 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Aku baru coba kinemaster aja, tapi udah ga pake lagi karna terakhir pake ada watermarknya kalau ga salah hahha, emang dasar aku payah banget kalau urusan edit video

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bisa saja menghilangkan watermark dengan menggunakan versi APKmods dan itu sangat mirip atau mendekati versi premiumnya

      Hapus
  2. sudah lama nggak pernah buat video....
    nambah wawasan....

    Thanks for sharing

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak