Teliti memilih microfon buat vlogging

AvatarPosted By:
Apa saja perbedaannya

Tidak bisa di bandingkan head to head dan bukan perbandingan apple to apple. Masing masing memiliki perbedaan yang akan kami jelaskan sekilas di halaman ini. Namun pada akhirnya tujuan seorang yang membeli adalah: Kualitas suaranya.

Keduannya baik buat dijadikan pilihan untuk video streaming, podcast, voice over dll, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan sehingga tulisan ini bisa diharapkan menjadi pertimbangan buat membeli. Jadi perlu di ingat perbandingan diantara keduanya yang saya sajikan sama sekali bukanlah perbandingan apple to apple karena jelas keduanya bukan dari sisi line up yang sama.

Namun pilihan bisa di jatuhkan kepada salah satu keduanya dengan banyak pertimbangan, ya budget, ya selera dan faktor lain yang hanya kalian yang mengatahuinya.

Sekilas nama keduanya memang mirip akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan disamping beberapa persamaannya. Jadi mari kita bahas persamaannya terlebih dahulu:

1. Bentuk fisiknya hampir sama

Sekilas bentuk fisiknya nyaris sama, sama sama terbuat dari logam atau metal apalagi yang berwarna hitam terlihat dari jauh nyaris sama.  Sama sama tidak memiliki tombol pengatur pada bagian bodynya.

Hanya saja kalau diperhatikan dimensinya beda: ST800 lebih panjang dan sedikit lebih besar sedangkan BM800 disamping pendek juga memiliki pilihan warna yang paling ikonik yakni warna emas. lalu perbedaan yang paling menarik adalah merek atau tulisan pada bodynya, ST800 mereknya Soundtech karena memang dibuat oleh pabrik Soundtech sedangkan BM800 dibuat oleh taffware.

2. karakter penangkapan suara

Keduanya sama sama microfon jenis condenser cardioid tanpa pilihan lain. Cardioid artinya karakter penangkapan suara hanya akan menangkap satu arah suara yakni pada bagian yang ada namanya seperti tertera pada bagian penangkapan suara mic ini. Dan ini harus menghadap ke mulut agar suara yang ditangkap bisa maksimal, jika menggunakan bagian belakangnya suara tidak akan tertangkap maksimal dan akibatnya tidak akan terekam maksimal pula.

Perbedaannya:
  1. Dibuat oleh pabrikan yang berbeda dan ini jelas terlihat dari mereknya: yang satu dibuat oleh perusahaan Soundtech sedangkan yang lain di buat oleh perusahaan Taffware.
  2. Harga. Taffware BM800 berada di kisaran 200ribuan, sedangkan ST800 berada dikisaran 400ribuan
  3. Meskipun keduanya sama sama dapat dipergunakan sebagai microfon streaming USB, namun BM800 ketika dihubungkan ke Laptop, tablet atau hape memerlukan Audio Interface seperti Phantom Power dan atau bahkan Soundcard. Sedangkan PM800 tidak memerlukan audio interface karena microfon ini sudah built up dengan audio interface alias tinggal di colokan ke perangkat dan langsung dapat dipergunakan.
Kelebihan versus kekurangannya:

1. Soundtech ST800

Contra: Harganya lebih mahal. 

Kelebihan: Namun ia adalah micorofon condenser dengan karakter penangkap suara cardoid yang low noise dan telah build up phantom power dan sound card mobile dan langsung bisa dipasangkan ke perangkat seperti laptop, tablet dan hape. Tidak memerlukan audio interface tambahan terpisah. Ini adalah model mic kondenser USB yang sejati

Ini cukup menghemat waktu dan ruang meja dan kualitas suaranya sangat baik ya itu tadi cukup keras walau tanpa audio interface tambahan. Suaranya seperti yang sedang Kalian dengarkan sekarang.

2. Taffware BM800

Contra: Memerlukan auido interface tambahan seperti phantom power dan soundcard. Ini memakan waktu dan memakan ruang.  Tanpa tanpa audio interface tambahan seperti phantom power dan soundcard suaranya sangat tidak maksimal, pelan dan tidak maksimal dan setelah dipasangkan ke audio interface di colokan langsung ke perangkat seperti laptop, tablet dan hape suaranya gak bakalan keluar maksimal alias pelan sekali.

Kelebihan: Lebih murah dengan paket lengkap dengan piranti audio inerface terpisah meskipun kadang di jula terpisah.

Hasil suaranya adalah seperti yang sekarang sedang anda dengarkan setelah setting audio interface standar (Tes satu dua tiga ini adalah Soundtech ST900 cardioid condenser mic, di test ke perangkat tablet yang sedang dipergukan buat menangkap gambar video ini.)

Bonus: Untuk membeli Taffware BM800 kalian bisa ikuti link di bawah konten video ini. Saya membalinya melalui tokopedia dengan harga RP. 285.000,- namun setelah dengan ongkos kirim dan biaya asuransi totalnya menjadi RP. 364.500,-

Untuk hasil test suara ke perangkat mobile seperti hape dan tablet silahkan saksikan di:


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Belum ada Komentar untuk "Teliti memilih microfon buat vlogging"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel